KURSUS SEO untuk UKM: Menjaring Pembeli di Internet
Tampil pada Orang dan Waktu yang tepat
Internet membuat kita hidup di dunia tanpa pembatas. Berkat internet kita mampu mengakses informasi dan pengetahuan hingga menerabas sekat negara. Begitu pula dengan mengakses pasar dan konsumen. Seorang pelaku UKM di sebuah desa kecil misalnya, saat ini bisa menjual produknya hingga ke luar negeri lewat internet.
Rata-rata penggunaan internet di dunia tahun 2016 adalah 5 jam per orang per hari, dan terus naik tiap tahun. Sebagai pelaku usaha yang perlu hadir di tempat orang berkumpul, kehadiran usaha kita di internet (online presence) menjadi sebuah kebutuhan baru di era ini. Namun sekedar kehadiran online, khususnya dalam bentuk website usaha, tidak serta-merta memecahkan masalah. Karena kita bersaing dengan jutaan, atau miliaran, website usaha lainnya yang ada di dunia maya untuk mendapatkan pelanggan.
Kelas ini hanya tampil optimal di laptop/dekstop
Dari begitu banyak orang di internet tidak semuanya adalah calon konsumen yang kita sasar. Kita hanya perlu tampil di hadapan orang yang tepat, di waktu dan tempat yang tepat pula. Salah satu perilaku utama konsumen adalah ‘berkonsultasi’ pada mesin pencari untuk memecahkan masalah kebutuhan informasi, termasuk informasi konsumsi. Pada titik inilah kita memerlukan optimasi mesin pencari (search engine optimization, SEO) agar website usaha kita tampil pada orang yang tepat dan waktu yang tepat ketika mereka sedang mengakses mesin pencari.
Kelas ini diperuntukkan khususnya bagi UKM yang telah memiliki website atau yang berencana memiliki website. Materi yang dibawakan adalah pengetahuan SEO level pemula/dasar mulai dari yang belum mengetahui sama sekali. Pembelajaran dibawakan dalam bentuk cerita mengalir yang akan menghadapkan anda pada skenario dunia nyata yang berkaitan dengan materi.
Kelas ini dilengkapi dengan forum yang hanya bisa diakses oleh peserta kelas. Silakan berdiskusi kapanpun dengan mentor dan peserta lain. Untuk mengakses forum, silakan mengklik Forum pada menu kelas di atas setelah bergabung.
Mentor kelas adalah Baizul Zaman, dosen e-Business di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kharisma Makassar.
Yang akan anda pelajari:
Potensi internet bagi UKM
Manfaat website bagi UKM
Cara kerja mesin pencari
Micro moment dan search intent
Meriset dan menentukan kata kunci
Elemen-elemen SEO
Menanamkan kata kunci dalam website
Mengoptimalkan SEO
Menguji dan mengenalisa hasil SEO
Untuk siapa kelas ini?
Pelaku UKM yang memiliki website sederhana
Pelaku UKM yang berencana memiliki website awal
Mahasiswa informatika
Digital marketer
Format pengajaran
Jalan cerita interaktif
Kuis latihan
Forum diskusi
KURIKULUM KELAS
Modul 1: Peluang Bisnis di Dunia Maya
Modul 2: Mesin Tempat Bertanya
Modul 3: Fundamental dan Teknik SEO UKM
Modul 4: Mengoptimasi dan Menganalisa Hasil SEO




Tidak ada komentar :
Posting Komentar